Rabu, 15 April 2020

Mengenal Truk Fuso Long

Mengenal Truk Fuso Long

Truk Fuso Long Chasis
Truk Fuso Long Sasis

Truk Fuso Long adalah jenis truk bersumbu roda dua (jika di lihat dari samping ada 2 roda yang sejajar) yang memiliki sasis atau bak panjang sekitar 7-9 meter. Sebenarnya ada dua istilah penamaan truk fuso jika di lihat dari ukurannya yaitu truk fuso standart atau truk fuso dengan panjang 6 meter dan truk fuso long yang sedang kita bahas kali ini. Seperti apakah truk fuso long itu dan ada berapa banyak jenis truk fuso long?? simak terus artikel ini yang akan membahas seputar truk fuso long.

Daya Angkut dan Ukuran Truk Fuso Long

Daya angkut truk fuso long sekitar 8-10 ton tapi tetap saja masih ada saja yang memaksakan daya angkut truk ini sehingga bisa mampu mengangkut beban hingga 15 ton atau bahkan lebih. Memaksakan beban dari standar yang telah ditentukan akan membahayakan truk dalam perjalananya.
Baca Juga: Truk CDD adalah (Mengenal Jenis/Model Truk CDD)

Ukuran truk fuso long sangat bervariasi yang biasanya sekitar 7-9 meter. Ada truk fusp long yang memiliki ukuran bak 7,3 meter, 8,5 meter, dan 9 meter. Ketidak samaan ini dikarenakan biasanya truk akan menyesuaikan dengan barang yang sering diangkutnya. Lebar truk fuso long sekitar 2,3-2,4 meter dan tingginya sekitar 2 meteran.

Jenis atau Model Truk Fuso Long

Ada banyak jenis atau model truk fuso long sesuai dengan peruntukannya mau digunakan untuk mengangkut barang apa. Ada truk fuso long untuk mengangkut minya atau barang cair, untuk mengangkut barang material keras (pasir, batu, kerikil dan lainnya), dan untuk mengangkut barang lainnya. Berikut beberapa jenis truk fuso long sesuai dengan jenis angkutannya

1. Truk Fuso Long Bak

Truk fuso long bak adalah truk fuso long yang sering kita jumpai karena banyak melintas di jalanan untuk mengangkut berbagai jenis barang. Truk fuso long bak biasanya memiliki bak sekitar 7-9 meter, lebar 2,3 meter, dan tinggi 2 meter. Barang yang sering diangkut dengan truk fuso long bak adalah plat besi, baja, bahan bangunanan, telur, kayu, kabel, mesin, beras, pupuk, alat-alat proyek, pipa, dan lainnya.
Truk Fuso Long Bak
Truk Fuso Long Bak

Bak atau bagian belakang untuk menampung barang dari truk ini biasanya terbuat dari bahan kayu dan besi. Truk fuso long ini bagian atasnya terbuka dan akan tertutp dengan menggunakan terpal untuk menutupi barang agar aman dari panas dan hujan. Truk fuso long bak ada yang pintunya dari belakang dan ada yang truk fuso long bak bukak samping (tryway) atau pintu belakang, kanan, dan kirinya bisa dibuka untuk memudahkan menaikkan dan menurunkan barang.

2. Truk Fuso Long Los Bak

Truk Fuso Long Los Bak


Truk fuso los bak adalah truk fuso long yang bagian belakangnya untuk menampung barang tidak mempunyai pagar baik kanan, kiri, dan belakangnya. Truk fuso long los bak ini biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang yang mudah untuk menaikkan dan menurunkan barangnya dari samping truk.
Baca Juga: Perbedaan Truk CDD dan CDE

Contoh barang yang sering dimuat dengan truk fuso long los bak adalah bata hebel (bata ringan, mesin, genset, triplek, sepen, kayu besar, dan lainnya. Tali trackball, tali tampar dan terpal merupakan perlatan wajib yang harus dibawa saat barang sudah terangkut dalam truk untuk mengikat barang dan melindungi barang agar aman saat dalam perjalanan.

3. Truk Fuso Long Box

Truk fuso long box adalah truk fuso yang bagian belakangnya untuk menampung barang berbentuk box yang panjang dan tertutup rapat. Truk fuso long box ini bagian boxnya terbuat dari plat baja, atau alumunium. Truk fuso long box ada yang memiliki fasitas pendingin udaranya yang biasanya dikhususkan untuk mengangkut barang-barang yang mudah busuk atau cair.
Truk Fuso Log Box
Truk Fuso Log Box

Truk ini biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang yang rawan kenak hujan dan agar kemanan terjamin dari tangan-tangan jahil karena boxnya tertutup rapat yang terkunci dengan gembok pada bagian pintu belakangnya. Contoh barang yang sering diangkut menggunakan truk fuso long box seperti es, sayur, daging, buah-buahan, kertas, makanan ringan, dan lainnya.

4. Truk Fuso Long Tangki

Truk fuso long tangki adalah truk fuso long yang pada bagian belakangnya untuk menampung barang berbentuk tangki tabung. Truk fuso tangki biasanya untuk mengangkut barang cair atau gas yang harus tertutup rapat pada bagian tangkinya agar barang tidak tumpah atau bocor.
Truk Fuso Tangki
Truk Fuso Tangki

Contoh barang yang sering diangkut dengan menggunakan truk fuso long tangki diantaranya seperti susu, minyak, oli, air minum, air tinja, gas, dan berbagai bahan cair lainnya. Daya angkut truk fuso long tangki menggunakan hitungan liter menyesuaikan dengan ukuran volume tangki yang digunakan.

5. Truk Fuso Long Dump

Truk Fuso Dump Truck
Truk Fuso Dump Truck

Truk fuso long dump truck adalah truk fuso long yang pada bagian belakangnya untuk menampung barang terbuat dari plat besi baja yang keras. Truk fuso long dump truck ini bentuknya sama dengan truk fuso long bak tapi yang membedakannya adalah baknya terbuat dari besi baja yang keras sehingga kokoh untuk mengangkut barang material.
Baca Juga: Jenis Truk Angkutan Barang

Biasanya truk ini malah banyak digunakan untuk mengangkut sampah, dan bahan material seperti pasir, batu, kerikil atau koral, dan material lainnya. Truk fuso dump truck sudah dilengkapi dengan hidrolik yang bisa mengangkat dump ke atas secara otomatis sehingga akan memudahkan untuk menurunkan barangnya.

6. Truk Fuso Long lainnya

Sebenarnya masih banyak lagi jenis truk fuso long atau model truk fuso long lainnya selain contoh di atas. Adapun contoh truk fuso long lainya yang menyesuaikan dengan keguanaanya adalah truk fuso long untuk mengangkut motor dan mobil, truk fuso long molen untuk mengangkut material semen cor, dan truk fuso lainnya yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhannya.

Pabrikan Pembuat Truk Fuso Long di Indonesia

Ada banyak merek mobil angkutan barang truk fuso long yang beredar di Indonesia. Berikut beberapa merek dan pabrikan truk yang memproduksi truk fuso long di Indonesia. 
  • Truk Fuso Mitsubishi 
  • Truk Fuso Hino
  • Truk Fuso Isuzu
  • Truk Fuso Nissan

Harga Truk Fuso Long

Harga truk fuso long chassis baru kurang lebih sekitar 600 juta rupiah, harga tersebut belum termasuk karoseri yang akan digunakannya. Sedangkan harga sewa truk fuso long untuk pengiriman barang akan menyesuaikan dengan jarak tempuh tujuan, berat atau volume barang yang akan diangkut, dan banyaknya titik penjemputan barang atau tujuaan pengiriman barangnya.

Dokumentasi Pengiriman Barang dengan Truk Fuso Long By Pendiks Rental Transindo

Sewa Fuso Purwakarta Pasuruan
Sewa Fuso Long dari Purwakarta ke PLTGU Grati Pasuruan Angkut Calsium


Sewa Fuso Buka Samping Jakarta Lombok
Sewa Fuso Buka Samping Jakarta ke Lombok Angkut Coil

Sewa Truk Fuso Surabaya Mataram
Sewa Truk Fuso Long Surabaya Mataram Lombok Angkut Pipa Air

Sewa Truk Fuso Long Pindahan Banjarmasin Purwokerto
Sewa Truk Fuso Long Pindahan Banjarmasin Purwokerto

Sewa Truk Fuso Long Bali ke Kalimantan
Sewa Fuso Long Bali ke Batulicin Kalimantan Selatan Angkut Barang Event

Informasi Sewa Truk Fuso Long Antar Kota, Antar Propinsi, Antar Pulau

Jika anda membutuhkan sewa truk fuso long untuk mengangkut barang bisa anda konsultasikan gratis dengan kami yang akan memberikan tarif sewa truk fuso long yang terjangkau dan bersahabat untuk anda. Jasa sewa truk fuso long di tempat kami bisa anda gunakan dari berbagai kota atau daerah di Indonesia seperti dari Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Banjarmasin, Samarinda, Palangkaraya, Balikapapan, Makassar, Medan, Palembang, Lampung dan berbagai daerah lainnya.

Hubungi Kami
Telepon
Telkomsel
+6281235048878
Indosat
+6285649702522
XL
+6287756986466

Mau WhatsApp langsung klik aja




Alamat Kami
Jakarta
Jl. Rawa Terate No 4 Cakung
Surabaya/Sidoarjo
Jl. Beji Indah No 12 Banjarsari
Blitar
Jl. Kenari Selatan No 6 Plosoarang
Solo
Jl. KH. Samanhudi No 78 Todipan
Denpasar
Jl. Pulau Singkep No 51 Pedungan

Bagikan

Lihat Juga

Mengenal Truk Fuso Long
4/ 5
Oleh