Friday, October 26, 2018

Jenis Truk Angkutan Barang

Jenis Truk Angkutan Barang

Jenis Truk Angkutan Barang
Jenis Truk Angkutan Barang

Jenis Truk Angkutan Barang - Truk adalah kendaraan transportasi khusus untuk mengangkut berbagai jenis barang yang memiliki daya angkut lebih dari 2 ton. Kendaraan transportasi untuk mengangkut barang lainnya yang memiliki daya angkut di bawah 2 ton disebut pick up. Truk memiliki daya angkut barang yang lebih besar dibandingkan dengan pick up.

Ada berbagai jenis truk angkutan barang yang beredar di Indonesia dengan menyesuaikan  barang yang dibawa. Menurut pandangan kami pengelompokan truk terdiri dari jenis truk dan model truk. Jenis truk merupakan pengelompokan truk berdasarkan jumlah roda atau ban yang digunakan. Pengelompokan truk ini akan menjadi acuan untuk memilih jenis truk yang susuai dengan kapasitas daya angkut barang yang akan dikirim.

Berikut beberapa contoh jenis truk angkutan barang berbasarkan jumlah ban atau roda yang sering kita jumpai di jalanan.

1. Truk Colt Diesel Engkel

Jenis truk dan kapasitasnya (engkel)
Jenis truk dan kapasitasnya (engkel)

Truk Colt Diesel Engkel sering disebut truk engkel atau di singkat CDE adalah truk yang memiliki roda 4 di depan 2 dan di bekalang 2. Truk jenis ini biasanya memiliki bak atau box sekitar 3 meter an. Kapasitas daya angkutnya dari 2-4 ton. Kelebihan truk ini bisa leluasa masuk ke gang-gang karena modelnya yang mini. Keberadaan truk engkel jarang terlihat di jalanan karena ukurannya yang nanggung. Truk ini biasanya digunakan untuk pemilik barang yang sering mengangkut dengan kapasitas sekitar 3 ton an.

2. Truk Colt Diesel Doubel


Jenis truk angkutan barang (cdd)
Jenis truk angkutan barang (cdd)

Truk Colt Diesel Dobel sering disebut truk colt diesel atau di singkat CDD adalah truk yang memiliki roda 6, di depan 2 dan di bekalang 4. Truk CDD biasanya juga masih ada yang menyebutnya dengan truk engkel karena dikiranya truk ini kecil untuk membedakan dengan truk fuso. Truk jenis ini biasanya memiliki bak atau box sekitar 4 meter an, lebar 2 meter, tinggi 2 meter. Kapasitas daya angkutnya dari 3-6 ton. Kubikasinya kurang lebih sekitar 15 kubik. Truk ini biasanya sering digunakan untuk muat sayuran, buah-buahan, pindahan rumah, hasil ternak, dan lainnya.


Truk CDD banyak kita jumpai di jalanan dan truk cdd merupakan jenis truk terbanyak yang beredar di jalanan Indonesia. Harga truk cdd baru sekitar 260 juta an membuat banyak orang memilihnya karena harganya terjangkau untuk masyarakat kelas menengah yang lagi merintis usaha di bidang jasa angkutan truk. Truk CDD ada banyak sekali modelnya mulai dari CDD bak, CDD bak buka samping, CDD box, CDD los Bak, CDD tangki, dan CDD towing. Model truk CDD yang sering kita jumpai adalah yang model bak. karena memiliki banyak fungsi dan biasanya digunakan untuk mengangkut berbagai jenis barang dan ukurannya yang ideal membuat banyak orang memilikinya.

3. Truk Fuso

Jenis truk di Indonesia (fuso)
Jenis truk di Indonesia (fuso)

Truk fuso adalah truk yang memiliki 6 roda, yang terdiri dari roda 2 di depan dan 4 roda dibelakang. Sekilas truk fuso jika dilihat dari jumlah rodanya akan sama dengan truk CDD, tapi ukuran ban truk fuso lebih besar jika dibandingkan dengan truk CDD. Selain memiliki ukuran ban yang lebih besar dari truk CDD ukuran panjang dan lebarnya juga lebih besar dari truk CDD. Ukuran kabin truk fuso juga lebih besar jika dibandingkan dengan truk CDD. Di dalam kabin truk fuso dan tronton sudah terdapat ruang untuk tidur sehingga sopir cadangan bisa istirahat dengan nyaman. Ukuran truk fuso juga sangat bervariasi mulai dari ukuran panjang bak 6 meter hingga 8 meter an, lebar 2,2 meter, dan tinggi 2 meteran. Model truk fuso tersebut adalah yang jenis bak, los bak, dan box. Sama seperti model truk CDD, truk fuso juga mempunyai beberapa model untuk menyesuaikan dengan barang yang diangkut. Contoh model truk fuso ada model truk fuso bak standart (6 meter) fuso long (7-8 meter), fuso box, fuso bak buka samping, fuso los bak, fuso tangki, fuso dump truck, dan fuso towing.

4. Truk Tronton


jenis jenis truk di Indonesia (tronton)
Jenis jenis truk di Indonesia (tronton)

Truk tronton adalah truk yang memiliki 10 roda, yang terdiri dari 2 roda di depan 6 roda di belakang. Truk tronton terdiri dari 3 sumbu artinya adalah truk yang memiliki barisan 3 roda sejajar jika dilihat dari samping. Truk tronton adalah jenis truk kelas berat karena memiliki daya angkut hingga 20-30 ton. Memiliki panjang 8-9,6 meter, lebar 2,3 meter, tinggi 2 meteran. Keberadaan truk ini biasanya banyak beredar di jalan besar karena mengingat ukuran dan daya angkutnya yang besar akan sulit di temukan di daerah pedesaan atau kampung. Kebanyakan pemaikannya digunakan oleh perusahaan dengan pengiriman dalam skala besar. Jenis truk tronton biasanya memiliki terminal sendiri di setiap kota. Truk ini juga memiliki banyak model seperti model truk CDD dan model truk fuso. Ada banyak model truk tronton seperti truk tronton bak, tronton buka samping, tronton box, tronton wingbox atau built up, tronton los bak, tronton molen, tronton tangki, tronton towing, dan tronton dump truck. 

5. Truk Gandeng

Macam macam jenis truk (truk gandengan)
Macam macam jenis truk (truk gandengan)

Truk gandeng adalah truk fuso yang dimodivikasi dengan menambahkan bak di bagian belakang untuk disambungkan dengan bak depannya. Truk gandeng juga termasuk dalam truk muatan kelas berat yang ukurannya sama seperti truk fuso sekitar 5-6 meter per baknya. Jadi jika digandengkan total keseluruhan bisa sampai 10-12 meteran. Sama seperti dengan truk tronton, truk gandeng juga sering terlihat di jalan besar antar kota antar propinsi. Karena memiliki daya angkut yang besar membuat truk ini tidak bisa melaju dengan cepat. Tidak seperti truk fuso, dan tronton yang memiliki banyak model, truk gandeng hanya memiliki beberapa saja seperti truk gandeng bak, truk gandeng bak bukak samping, truk gandeng tangki, dan truk gandeng los bak.

6. Truk Trailer

Jenis truk dan daya angkutnya (trailer)
Jenis truk dan daya angkutnya (trailer)

Truk trailer adalah truk yang memiliki 4-6 sumbu artinya adalah truk yang memiliki barisan 4-6 roda yang sejajar. Truk trailer memiliki lebih dari 12 roda. Truk ini juga memiliki daya angkut yang besar yang biasanya digunakan untuk pengiriman barang export import dengan menggunakan kontainer. Truk jenis ini sering terlihat di pelabuhan bongkar muat peti kemas. Tapi ada juga truk trailer yang los bak yang bisanya untuk pengiriman kayu besar, semen, triplek, dan lainnya. Selain itu ada juga truk trailer yang dikhususkan untuk pengiriman mobil yang sering terlihat di jalan besar antar propinsi.


Semoga artikel tentang Jenis Truk Angkutan Barang menambah wawasan anda tentang alat transportasi pengiriman barang yang ada di Indonesia. Jika anda sedang mencari jasa pengiriman barang terpercaya, murah, profesional, mudah, cepat dan bebas konsultasi mengenai harga sewa truk silahkan anda konsultasikan dengan kami. Pelayanan ramah, sopan, dan menyenangkan siap menyambut anda.

Telepon
Telkomsel
+6281235048878
Indosat
+6285649702522
XL
+6287756986466

Mau WhatsApp langsung klik aja


Bagikan

Lihat Juga

Jenis Truk Angkutan Barang
4/ 5
Oleh