Senin, 23 Desember 2019

Truk CDD adalah (Mengenal Jenis/Model Truk CDD)

Truk CDD adalah (Mengenal Jenis/Model Truk CDD)

Jenis Truk CDD
Jenis Truk CDD

Truk CDD adalah singkatan dari colt diesel doubel (CDD) yaitu truk yang memiliki sumbu roda 2 dan memiliki jumlah roda atau ban sebanyak 6 ban. Posisi ban 2 terletak di depan dan 4 di belakang. Dua ban di depan terdapat di kanan 1 ban dan di kiri 1 ban. Empat ban di belakang terdiri dari 2 ban di samping kanan dan 2 ban di samping kiri. Kedua ban tersebut berada berjejer atau dobel yang membuat truk ini dinamai truk colt diesel dobel karena ban belakangnya dobel.
Baca Juga: Jenis Truk Angkutan Barang
Jenis truk ini merupakan jenis truk paling banyak beredar di jalanan Indonesia karena harganya yang terbilang murah dan ukurannya yang ideal untuk kegiatan niaga. Truk CDD memiliki daya angkut 4-5 ton dan kadang bisa hingga sampai 7 ton kalau dipaksakan (tidak disarankan). Truk CDD sendiri memiliki beragam jenis atau model menyesuaikan dengan fungsi penggunaanya. Berikut beberapa jenis atau macam-macam model truk cdd.

1. Truk CDD Bak

Truk cdd bak adalah model truk colt diesel doubel yang paling beredar di jalanan Indonesia. Bagian belakang truk ini atau tempat untuk menampung barang dinamakan bak yang biasanya terbuat dari kayu. Truk cdd bak memiliki panjang 4 m, lebar 1,9 m, tinggi 1,7 meter. Pada bagian atas truk ini terbuka sehingga bisa menampung barang yang tingginya lebih dari 1,7 m yang akan di tutup menggunakan terpal.
Truk cdd bak
Truk cdd bak

2. Truk CDD Box

Truk cdd box adalah model truk colt diesel doubel yang juga banyak beredar di jalan Indonesia. Truk ini bagian belakang untuk mengangkut barangnya berupa box yang terbuat dari besi atau alumunium. Truk model ini memilik ukuran boxnya rata-rata panjang 4 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2 meter. Truk model box ini kebanyakan dimiliki oleh beberapa perusahaan untuk mendistribusikan barangnya.
Truk cdd box
Truk cdd box

3. Truk CDD Box Long

Truk cdd box long adalah model truk cdd yang memiliki box long atau ukuran boxnya panjang. Sama seperti truk cdd box, truk cdd box long ini memiliki ukuran box yang lebih panjang dari truk cdd box standart. Ukuran panjang box nya ada yang 5 meter hingga 6 meter. Truk box long banyak dimiliki oleh perusahaan jasa pengiriman barang atau ekspedisi truk.
Truk cdd box long
Truk cdd box long

4. Truk CDD Dump

Truk cdd dump adalah model truk colt diesel dobel yang bagian belakangnya untuk mengangkut material ini terbuat dari besi dan plat besi. Model truk ini biasanya sering digunakan untuk mengangkut bahan material seperti pasir, batu, koral, sirtu, dan material keras lainnya.
Truk cdd dump
Truk cdd dump

5. Truk CDD Los Bak

Truk cdd los bak adalah model truk colt diesel dobel yang bagian belakangnya untuk mengangkut barang hanya datar pada lantai bawahnya dan tidak ada dinding pada bagian samping dan belakangnya. Truk model ini cocok untuk mengangkut semen, bata ringan, mesin, dan barang berat lainnya. Keunggulan truk ini mudah menaikkan barang dan menurunkannya bisa dari berbagai sisi, baik sisi kanan, kiri atau belakang truk.
Truk cdd los bak
Truk cdd los bak mengangkut mesin

6. Truk CDD Towing

Truk cdd towing adalah model truk colt diesel dobel yang bagian belakangnya untuk mengangkut barang terbuat dari plat baja dan besi yang datar tidak ada pelindung kanan, kiri, dan belakangnya. Truk towing diperuntukkan untuk mengangkut mobil, moge, pick up, mesin, bahkan bisa untuk mengangkut truk cdd juga.
Truk cdd towing
Truk cdd towing mengangkut mobil vw combi

7. Truk CDD Tangki

Truk cdd tangki adalah model truk colt diesel dobel yang bagian belakangnya untuk mengangkut barang cair berupa besi yang membentuk seperti tabung atau tangki. Truk ini biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang cair seperti air, minyak, oli, kotoran manusia (tai/telek), dan lainnya.
Truk cdd tangki
Truk cdd tangki

8. Truk CDD Jenis/Model lainnya

Selain diperuntukkan seperti yang terdapat di atas, sebenarnya masih banyak lagi truk cdd yang digunakan untuk menyesuaikan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Seperti truk cdd untuk menebang kayu di jalananan atau untuk pembetulan lampu jalanan dimana terdapat crane yang bisa dinaikkan untuk dijadikan pijakan hingga menjangkau objek yang diinginkan. Selain itu juga ada truk cdd untuk wingbox, truk cdd triway, truk cdd molen untuk pengecoran dan lainnya.
Truk cdd jenis lainnya
Truk cdd jenis lainnya


Itulah beberapa jenis atau model truk cdd yang bisa di modifikasi untuk berbagai kebutuhannya masing-masing. Truk cdd sendiri sebenarnya penamaan dari tipe truk colt diesel dobel milik pabrikan otomotif mitsubishi. Karena produknya ini laris di pasaran sehingga truk merk lainnya oleh sebagian orang juga menyebutnya truk cdd karena alasan ban belakangnya sama dobelnya.

Bagikan

Lihat Juga

Truk CDD adalah (Mengenal Jenis/Model Truk CDD)
4/ 5
Oleh