Selasa, 08 Juni 2021

Tata Cara Pindahan Rumah Menurut Islam

Tata Cara Pindahan Rumah Menurut Islam


Bagi anda yang memiliki rumah baru tentunya tidak sabar ingin segera melakukan pindahan rumah agar bisa merasakan suasana baru, lingkungan baru, maupun mendapatkan tetangga yang baik dan ramah. Melakukan pindahan rumah tidak asal pindah saja banyak hal yang harus diperhatikan maupun anda lakukan. 

Tata Cara Pindahan Rumah Menurut Islam
Tata Cara Pindahan Rumah Menurut Islam

Ada beberapa hal yang harus dilaksanakan ketika melakukan pindahan rumah agar rumah bisa memberikan kenyamanan, ketenangan bagi setiap penghuninya. Dengan menempati rumah baru tentunya pemilik rumah berharap dijauhkan dari hal-hal mistis maupun segala macam mara bahaya dan selalu diberikan kedamaian antar keluarga maupun tetangga sekitar rumah. Oleh karena itu simak tips dari kami tentang cara pindahan rumah menurut islam.


1. Berpamitan dengan Tetangga 

Berpamitan dengan tetangga sangat penting ketika kita akan berpergian dalam jangka waktu yang lama apalagi saat akan melakukan pindah rumah. Selain itu anda juga bisa mengadakan syukuran kecil-kecilan untuk perpisahan dengan tetangga dekat sekaligus memberikan informasi atau alamat tempat tinggal baru yang akan ditempati agar anda tetap bisa menjaga tali silaturahmi dengan mereka.

Baca Juga: Jasa Angkutan Truk Jakarta - Truk Ekspedisi Murah

 

Beberapa teman mungkin ada yang tidak mengetahui rencana pindahan anda sehingga anda bisa meminta bantuan kepada tetangga untuk memberikan informasi sekaligus alamat rumah baru kepada orang yang mencari anda ke rumah lama. 

2. Persiapkan Barang-Barang yang Akan dibawa ke Rumah Baru

Kemas barang anda segera mungkin untuk meminimalisir barang yang tertinggal. Anda boleh melakukan packing barang maupun pindahan rumah kapan saja tanpa harus mencari hari baik. Dalam islam tidak ada hari yang buruk maupun sial karena semua hari adalah hari yang baik. 

Baca Juga: Jasa Angkutan Truk Surabaya - Murah Amanah Terpercaya

 

Oleh karna itu jangan menunda packing barang anda. Lakukan packing barang jauh-jauh hari sebelum tanggal pindahan tiba. Jika anda melakukan packing barang pada hari H maupun H-1 maka akan membuat kelelahan dan drop sehingga bisa menyebakan sakit. 

3. Mengucapkan Salam dan Doa Saat Akan Memasuki Rumah Baru

Setiap muslim dianjurkan mengucapkan salam saat akan memasuki rumah baik ketika bertamu di rumah orang lain, di rumah sendiri maupun di rumah baru yang belum ditempati. Setelah mengucapkan salam anda juga bisa menambahkan doa ketika akan memasuki rumah baru. Dengan berdoa diharapkan rumah anda diberkahi oleh Allah SWT dan dijauhkan dari segala macam mara bahaya maupun gangguan makhluk halus. 

4. Mengunjungi Tetangga untuk Menjalin Tali Silaturahmi

Sebagai pendatang baru anda harus beradaptasi dengan baik di lingkungan sekitar terutama dengan tetangga dekat rumah. Tetangga layaknya seperti saudara karena disaat anda terkena musibah merekalah yang pertama kali bisa menolong anda. Oleh karena itu penting menjalin hubungan baik dengan para tetangga sekitar rumah. 

Baca Juga: Jasa Pindahan Rumah di Blitar | Pengiriman Barang di Blitar

 

Salah satu cara menjadi warga baru yang baik dan sopan anda bisa mengunjungi tetangga dekat rumah maupun ketua RT untuk bersilaturahmi sekaligus berkenalan. Anda juga harus saling bertegur sapa, tolong menolong, dan bersikap baik dengan warga sekitar agar ketika anda membutuhkan bantuan maupun mengalami musibah mereka dengan senang hati akan membantu.

5. Mengadakan Syukuran di Rumah Baru

Dalam Islam kita dianjurkan untuk bersyukur, bersedakah, berbagi atas nikmat Allah yang sudah diberikan kepada kita. Syukuran merupakan salah satu bentuk rasa terima kasih kita kepada Allah. Anda bisa melakukan syukuran atas rumah baru tersebut dengan mengundang saudara dan tetangga sekitar rumah sekaligus untuk doa bersama agar rumah baru anda selalu diberikan keberkahan, keamanan, kedamaian dan rezeki yang berlimpah.

Baca Juga: Tips Pindahan Rumah Praktis Tanpa Lelah

 

Ketika bersilaturahmi kepada tetangga anda bisa sekaligus untuk mengundang mereka ke acara syukuran anda. Dengan adanya acara tersebut anda bisa lebih mendekatkan diri dengan tetangga sekitar.

Tasyakuran Pindahan Rumah Baru
Tasyakuran Pindahan Rumah Baru

6. Tidak Memajang Benda Berbau Syirik 

Syirik adalah mempercayai sesuatu selain Allah. Dalam islam syirik termasuk golongan dosa besar. Sebagai seorang muslim kita dilarang untuk memajang barang-barang yang bersifat syirik seperti gambar bernyawa, patung, jimat maupun benda-benda lain yang dipercayai memiliki kekuatan magis atau dapat mendatangkan rezeki. 

Baca Juga: Jenis Truk yang Cocok untuk Pindahan Rumah

 

Jangan memajang patung, jimat maupun barang-barang yang dianggap magis di dalam rumah anda karena malaikat enggan memasuki rumah tersebut. Setan sangat menyukai rumah yang jarang didatangi oleh malaikat. Jika rumah sudah menjadi tempat favorit setan maka rumah tersebut akan di jauhkan dari ketenangan sehingga mudah muncul konflik bagi penghuninya. 

7. Memperbanyak Sholat dan Membaca Al-Quran

Sholat merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim untuk beribadah kepada Allah, oleh karena itu dimanapun tempatnya kita harus melaksanakan sholat begitu juga dengan membaca Al-Quran. Penuhi rumah anda dengan lantunan ayat suci Al-Quran. Sesungguhnya setan dan jin tidak suka dengan orang yang ahli beribadah dan mereka tidak suka mendengar ayat-ayat Al-Quran. 

Baca Juga: Jasa Angkutan Truk Jakarta Surabaya

Jika rumah anda tidak ingin dihuni maupun diganggu oleh makhluk halus maka perbanyaklah sholat, membaca Al-Quran, maupun bersolawat sehingga setan dan jin tidak berani mengganggu dan pergi dari rumah anda.

8. Jaga Rumah Agar Selalu dalam Keadaan Bersih

Anda pasti sudah tidak asing dengan kalimat kebersihan merupakan sebagian dari iman. Sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan sekitar kita. Sebelum pindahan pastikan rumah yang akan dihuni dalam keadaan bersih. Jika masih kotor hendaknya dibersihkan terlebih dahulu sebelum rumah tersebut digunakan.

Baca Juga: Jasa Angkutan Truk di Jogja | Murah, Amanah, dan Cepat

Rumah yang bersih akan membuat nyaman penghuninya selain itu tempat yang bersih dan suci tidak disukai oleh setan dan jin. Makhluk halus seperti setan, jin, dan iblis sangat menyukai tempat yang kotor. Anda harus selalu istiqomah dalam menjaga kebersihan rumah agar merasa nyaman, aman dan jauh dari gangguan makhluk halus. 



Jika anda sedang akan pindahan rumah kami CV Pendiks Rental Transindo siap membantu memindahkan barang anda dengan aman, cepat, mudah, dan amanah. Kami perusahaan jasa angkutan truk untuk pengiriman barang dan pindahan rumah siap melayani anda dari berbagai kota dengan tujuan ke berbagai kota di Indonesia.
Baca Juga: Angkutan Truk Solo


Jika anda memerlukan konsultasiu gratis dengan admin kami yang akan melayani anda dengan ramah, sopan, dan menyenangkan seputar pindahan rumah anda, kami dengan senang hati siap menyambut anda. Tunggu apa lagi segera chat atau tlpon kami di kontak di bawah untuk informasi jelas seputar jasa pindahan rumah antar kota, antar propinsi antar pulau bersama kami.

Hubungi Kami
Telepon
Telkomsel
+6281235048878
Indosat
+6285649702522
XL
+6287756986466

Mau WhatsApp langsung klik aja




Alamat Kami
Jakarta
Jl. Rawa Terate No 4 Cakung
Surabaya/Sidoarjo
Jl. Beji Indah No 12 Banjarsari
Blitar
Jl. Kenari Selatan No 6 Plosoarang
Solo
Jl. KH. Samanhudi No 78 Todipan
Denpasar
Jl. Pulau Singkep No 51 Pedungan

Bagikan

Lihat Juga

Tata Cara Pindahan Rumah Menurut Islam
4/ 5
Oleh